Thursday

Tips Menggunakan E-Mail di Kantor

Keberadaan komputer di meja kerja anda tentunya akan sangat memudahkan penyelesaian
pekerjaan, apalagi kalau ditambah dengan fasilitas internet, rasanya lengkap sudah
kebahagiaan anda di kantor. Selain browsing, anda juga bisa saling berkirim e-mail dengan rekan-rekan anda sekaligus memperluas networking anda. Tapi kalau tidak berhati- hati, bisabisa waktu anda selama satu hari bisa terbuang percuma hanya karena anda terlalu sering mengecek apakah ada e-mail baru yang masuk atau tidak. Untuk menyiasatinya, ada baiknya anda perhatikan cara-cara berikut :

1. Periksa e-mail kamu dua kali sehari
Salah satu sebab banyaknya waktu yang terbuang dalam pekerjaan seseorang adalah
karena terlalu seringnya ia mengecek apakah ada e-mail baru yang masuk. Untuk
menghindarinya, atur jadwal berapa kali sehari anda membuka e-mail. Lakukan saat
waktu anda senggang atau tidak ada pekerjaan, misalnya pada pukulan 8 pagi
(sebelum mulai bekerja) dan terakhir pada pukul 6 sore (setelah waktu kerja selesai).

2. Gunakan dua account yang berbeda untuk e-mail pribadi dan urusan bisnis
Salah satu langkah untuk memisahkan urusan kantor dan masalah pribadi adalah
dengan mempunyai dua account yang berbeda. Saat bekerja di kantor, hindari godaan
untuk membuka e-mail pribadi anda. Biasakan untuk membagi waktu anda dengan baik
: di kantor maka urusan pekerjaan yang paling penting, sedangkan urusan pribadi
dapat anda lakukan di rumah. Seandainya anda tergabung dalam milis, usahakan
supaya milis tersebut dikirim ke account pribadi anda (yang dapat anda buka pada
waktu senggang).

3. Mem- filter e-mail yang tidak bermanfaat
Saat ini banyak email komersil yang masuk (junk mail), dan jumlahnya terkadang
mencapai puluhan. Untuk itu, sangat penting untuk menggunakan program-program
dalam e-mail anda yang dapat secara otomatis membuang junk mail tersebut.
Tujuannya, sekali lagi, adalah supaya waktu anda tidak terbuang percuma.

4. Mengatur message dan alamat yang masuk ke dalam e-mail anda
Gunakan fitur address book dalam program e-mail anda untuk mengatur surat-surat
penting yang masuk. Selain tidak menghabiskan waktu, dengan menggunakan fitur ini
maka anda akan terhindar dari kesalahan-kesalahan kecil seperti salah ketik alamat.
Masukkan pesan-pesan tersebut dalam folder, jadi inbox anda hanya berisi pesan-pesan
yang belum terbaca saja.

5. Buat segala sesuatunya sesimpel mungkin
Seandainya anda harus membalas suatu e-mail, sebaiknya buat balasannya sesingkat
mungkin. Kalau perlu, kirim jawaban anda hanya dengan ya atau tidak (tentunya bila
memungkinkan).

6. Hindari chatting
Sebisa mungkin, hindari godaan menggunakan fasilitas chatting di saat jam kerja.
Chatting hanya akan membuat pekerjaan anda terbengkalai, dan meski dilakukan pada
waktu instirahat, bisa membuat kita lupa waktu.



Related Posts by Categories - Postingan Sejenis :



APA ITU META TAG ?

What are meta tags? Meta tags are HTML codes that are inserted into the header on a web page, after the title tag. They take a variety of forms and serve a variety of purposes, but in the context of search engine optimization when people refer to meta tags, they are usually referring to the meta description tag and the meta keywords tag. Read More...

Memfilter Iklan Google Adsense Yang Muncul di Web

To create and manage a filter list of websites whose ads you'd like to restrict from showing on your site or AdSense for search results pages, simply log in to your account at https://www.google.com/adsense and click the Competitive Ad Filter link below the AdSense Setup tab. You can create separate filter lists for your content pages and for your AdSense for search results pages. Ads for the websites that you add to your competitive ad filter list typically will not run on your pages, but remember that filtering sites may decrease the number of ads that can appear on your pages as well as decrease your potential earnings. Read More...