Wednesday

Pengumuman Hasil Pemilu 2009 & Hasil Penghitungan Suara

Hasil Pemilu 2009 untuk Jawa Tengah Baru Bisa Diketahui 22 April
Sumber : Suara Merdeka.

Perolehan suara partai politik maupun kursi di DPRD Jawa Tengah dalam Pemilu Legislatif 9 April lusa, baru akan bisa diketahui oleh parpol maupun masyarakat setelah menunggu sekitar dua pekan atau 22 April nanti. Disamping tidak adanya lembaga quickcount di tingkat provinsi, Ketua KPU Jateng Ida Budhiati, hal itu mendasarkan ketentuan KPU pusat.

Mengacu pada Peraturan KPU No 20/2009, jelas Ida, pada 11-16 April merupakan rekapitulasi penghitungan suara tingkat PPK (kecamatan), selanjutnya pada 17-21 April akan dilakukan rekapitulasi tingkat kabupaten/kota, sementara rekapitulasi tingkat provinsi baru akan dilakukan pada 22-25 April.

''Dalam penyelenggaraan pemilu, KPU provinsi dan kabupaten/kota hanya pelaksana kebijakan KPU pusat. KPU pun telah memutuskan bahwa pada 9 April, yang bisa diakses hanya tabulasi suara untuk DPR-RI,'' kata dia didampingi anggota KPU Jateng lain Andreas Pandiangan, Siti Malikatun, Nuswantoro Dwiwarno, dan Fajar SAKA dalam Media Gathering Pemilu Legislatif 2009 di Kantor Jl Veteran No 1 A, Selasa (7/4).

Menurut Ida, KPU Pusat telah mengintruksikan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk segera melaporkan hasil penghitungan suara parpol dan caleg DPR-RI, kepada KPU kabupaten/kota yang kemudian langsung diteruskan ke KPU Pusat. Dengan kebijakan itu maka pada hari selepas pemungutan suara, publik hanya bisa mengakses informasi hasil penghitungan suara DPR-RI.

Lalu bagaimana jika parpol maupun media ingin mengetahui hasil pemilu kabupaten/kota dan provinsi? Ida mempersilakan untuk datang langsung ke TPS, dengan mencermati berita acara dan sertifikat hasil penghitungan suara. Berdasarkan surat KPU No 660/2009 tentang tabulasi nasional hasil pemilu, imbuh Anggota KPU Andreas Pandiangan, informasi penghitungan suaea DPR-RI bisa diakses melalui website tnp.kpu.go.id.

Tak bisa untuk menuntut

Menjawab pertanyaan pers, seandainya ada lembaga quickcount dari parpol tertentu, kemudian diekspos media, Ida menyatakan hal itu tak masalah. Tapi data dari diluar penghitungan resmi dari KPU, tak bisa digunakan sebagai dasar gugatan oleh parpol, caleg maupun calon anggota DPD dalam melaklukan tuntutan jika ada selisih suara.

Andreas menyatakan, KPU Jateng sampai sekarang belum mendapatkan informasi perihal lembaga quickcount yang beroperasi di Jateng pada 9 April, besok. Termasuk lembaga yang akan menyelenggarkan survei. Sedangkan lembaga pemantau ada lima organisasi.

Disinggung kenapa publik harus menunggu cukup lama, padahal pada Pemilu 2004 lalu akses hasil pemilu bisa cepat? Ida menyampaikan bahwa ketentuan itu diatur KPU pusat, kalau KPU Jateng melangkah dengan melakukan tabulasi suara lebih cepat dari jadwal sehingga berkonsekuensi adanya biaya, pihaknya tak ingin mendapat kesulitan pascapemilu.

Tag : Pengumuman Hasil Pemilu 2009, Hasil quickcount Pemilu legeslatif, Hasil Penghitungan Suara DPRD I, DPRD II, DPR RI dan DPD, Daftar nama Caleg Suara Terbesar, Hasil rekapitulasi suara pemilu Jawa Tengah, Daftar Partai dengan suara terbanyak, Partai pemenang pemilu, Perolehan kursi DPR terbanyak.

Related Posts by Categories - Postingan Sejenis :



APA ITU META TAG ?

What are meta tags? Meta tags are HTML codes that are inserted into the header on a web page, after the title tag. They take a variety of forms and serve a variety of purposes, but in the context of search engine optimization when people refer to meta tags, they are usually referring to the meta description tag and the meta keywords tag. Read More...

Memfilter Iklan Google Adsense Yang Muncul di Web

To create and manage a filter list of websites whose ads you'd like to restrict from showing on your site or AdSense for search results pages, simply log in to your account at https://www.google.com/adsense and click the Competitive Ad Filter link below the AdSense Setup tab. You can create separate filter lists for your content pages and for your AdSense for search results pages. Ads for the websites that you add to your competitive ad filter list typically will not run on your pages, but remember that filtering sites may decrease the number of ads that can appear on your pages as well as decrease your potential earnings. Read More...